Selasa, 29 Oktober 2013

Keputusan Resign

Entah, ada maksud apa gue ingin menuliskan ini. Tapi, yang terpenting bagi gue adalah mengambil keputusan itu adalah proses, bukan hasil. Kita banyak belajar dari keputusan-keputusan yang salah menjadi benar, kita belajar dari keputusan yang tepat dari kehati-hatian. 

Ini adalah keputusan yang semestinya tidak salah dan tidak benar, gue ngerasa di usia yang muda ini gue harus banyak mengambil keputusan agar gue tau, semakin banyak keputusan itu yang salah gue harus berhati-hati untuk kedepannya agar tidak terulang kembali kesalahan tersebut. Tepatnya, tanggal, 19 Agustus 2013 kemarin, gue mengambil keputusan untuk resign dari tempat yang selama ini banyak menyita waktu gue dari rumah, tempat dimana gue harus punya keluarga baru, tempat dimana gue ingin terus belajar dari percakapan-percakapan dengan orang baru, dan tempat dimana gue bisa terima duit setiap bulannya. Yak, gue resign dari kantor. Ini bukan keputusan yang cepat. Gue mempertimbangkan untuk resign matang-matang, dari bulan November 2012 tapi gue masih ragu untuk ambil keputusan tersebut "Coba deh enam bulan lagi, bulan mei" Hasrat resign bulan novemnber sangat menggebu-gebu, pada saat itu gue punya masalah dengan atasan gue gara-gara gue diamanatin untuk mengurus dokumen tapi gue teledor, gue tinggalin kerjaan tersebut ke Bandung. Padahal dihari yang sama gue ada kerjaan dengan film pendek LDR dan hari tersebut itu juga hari Minggu, hari libur. Wajar dong kalau gue ke Bandung, toh kerjaan tersebut gue masih belum mengerti sepenuhnya yang beliau berikan ke gue, akhirnya gue tetep ke Bandung ke lokasi syuting film yang gue produserin tersebut. Sampai saat ini  pun gue dan atasan gue masih sama-sama bersikap dingin. 

Enam bulan dari bulan november, gue gajian dari buku tapi gue masih ngerasa ah belum saatnya nih gue resign dari kantor, pada saat itu pula gue lagi ngerjain Novel LDR yang gue janjikan ke Edo, editor bukune. Dan buku itu tidak rampung satu bab pun. Karena bercabangnya pikiran dengan kerjaan di kantor yang pada saat itu sedang sibuk UAS, dan banyak lainnya yang pasti gue terlalu sibuk dengan diri gue. "Coba deh abis lebaran aja resign-nya" Oiya, gue kerja di bagian Administrasi di Kampus gue kuliah. 

***

Libur lebaran pun telah habis, dan waktunya kembali ke aktifitas kantor seperti biasa. Gue masih berat-berat untuk meninggalkan tempat ini "Yah, minggu depan gue udah gak duduk disini lagi deh" keluhan tersebut keluar dari hati gue yang paling dalam, pada hari jumat tanggal 19 Agustus 2013. Gue banyak belajar dari kantor ini disini gue bisa ngelatih emosi gue terhadap resek-nya mahasiswa-mahasiswa yang kalau ngomong ya sesukanya dan gue bales juga sesuka gue dan kadang menimbulkan masalah baru, engga apa-apa ngelatih sabar. Meskipun pengalaman disini tidak sebaik gue melatih kedewasaan saat gue kerja di Priok tahun 2009 sampai 2011. Tapi setidaknya buku-buku LDR tumbuh di kantor ini, gue sering nyuri-nyuri waktu untuk ngetwit di akun LDR, disela-sela istirahat kerja atau kalau lagi gak ada kerjaan gue promo buku, sempet mikir konsep baru untuk tulisan di Blog, yang pasti twitter banyak menyita waktu gue di kantor, dan pada akhirnya banyak juga orang kantor yang kurang tidak suka dengan keprofessional kinerja gue, banyak yang ngomong di belakang, banyak yang semangat kalau ada traktiran pas gue gajian dari buku "Fake smile"

Ada hal yang paling berat saat gue akan bilang kalau gue mau resign, gue harus ngomong dengan kepala HRD Stikom, beliau juga yang masukin gue kerja di sini. yak, kepala HRD tersebut orang yang gak jauh dari gue, beliau Om gue, adik dari nyokap, orang yang nyekolahin gue saat gue pesantren di Serang, udah berapa banyak kebaikan yang beliau berikan ke gue dan keluarga gue dan itu gak keitung, alasan kenapa gue lama mempertimbangkan untuk resign adalah karena beliau, gue gak mau ngecewain untuk yang kesekian kalinya. Waktu pun berjalan "Udah waktunya gue harus bilang dan ngadep ke om gue sendiri untuk ngomongin derign" Gue masuk ke ruangan beliau sambil bawa surat resign dan lampiran lainnya yaitu lembar laporan penjualan buku serta hasil royalti, agar gue punya alasan kuat, gue mau fokus nulis kalau dari nulis penghasilannya udah mencukupi bukan karena itu aja, gue udah gak terlalu fokus ngantor banyak rekan disini yang kayaknya udah gak nganggep keberadaan gue karena gue terlalu sibuk twitteran dan ngetik naskah-naskah di blog dan di buku, ya padahal gue bisa menyisihkan waktu nulis di malam hari, hal lainnya lagi adalah gue ngerasa disini udah kayak bukan keluarga lagi, waktu kerja di Priok dulu, sering banget dapet suntikan semangat kerja dari rekan kerja hampir setiap hari, tapi di kantor ini gue ngerasa diem-dieman lebih baik dari pada kita berbincang hangat sambil ngopi (ini kebiasaan pas gue kerja di Priok). Dan perbincangan dengan om gue saat itu adalah perbincangan yang gak akan gue lupain seumur hidup, pada intinya "Nulis itu kan profesi informal, toh kalau kamu mau fokus disana dan mau bener-bener kembangin ya engga apa-apa, tapi inget kalau kamu mau kerja yang formal, suatu saat kamu butuh yang namanya ijazah S1, kalau bisa kamu lanjutin kuliahnya terserah mau di Stikom atau mau di Bandung kan disana banyak kampus yang lebih baik disini" Bagi gue, om gue yang satu ini udah kayak orang tua sendiri, beliau suka kasih nasehat-nasehat yang gue sendiri bakal mikir sampe ketemu solusinya, yang tadinya gue udah gak nafsu untuk lanjut kuliah setelah perbincangan tadi. akhirnya gue niatkan kembali lanjut kuliah, tapi gue belum nentuin waktu tepatnya, yang pasti setelah urusan adik-adik gue dan orang rumah udah agak mendingan. 

***

"Jadi, ngerasa nyesel gak, resign dari kantor dan jadi Pengangguran?" Percakapan itu muncul saat gue kumpul bareng temen-temen di rumah, pada dasarnya keputusan gue resign itu bukanlah keputusan yang terburu-buru, sampai saat ini gue merasa gue udah kayak melepas beban puluhan kilo dalam tekanan hidup gue, gue menghindari orang-orang yang mengucilkan gue, orang-orang yang selama ini tidak mendukung gue, orang-orang yang iri dengan pencapaian gue saat ini. Bukan gue gak kuat dengan orang-orang tersebut, melainkan gue gak mau hidup dalam ruang yang selama ini manusianya aja palsu, di depan baik-baik aja di belakang ngomongin yang engga-engga, intinya kesana, lagian untuk apa mempertahankan sesuatu yang pada dasarnya aja lo gak nyaman? 

Bagi gue, hidup ini udah terlalu kejam untuk melangkah. Ada baiknya gue ngejalanin yang bagi gue ini sangat nyaman, dan disyukuri. Gue percaya langkah yang hati-hati akan menimbulkan jalan keluar yang menyenangkan. Meskipun gue orangnya suka terburu-buru tapi gue selalu percaya setiap keputusan yang salah selalu memberikan pelajaran dan perjalanan yang menyenangkan meskipun pada awalnya itu menyakitkan, kita masih muda dan masih banyak jalan yang Tuhan tentuin untuk kita jalani dengan rencana kita atau tidak yang pasti semua adalah pelajaran. 

Selamat Melangkah!



Photo hari terakhir di kantor. 

Sekarang gue lagi bikin buku LDH 3 dan masih ngembangin usaha LDR Merchendise, mohon doanya, ya. Semoga lancar. Amin.



1 komentar: